Minggu, 18 Oktober 2009

PERSAINGAN PERUSAHAAN ROKOK DALAM MELAKUKAN PROMOSI

Di Indonesia banyak sekali jenis dan produk rokok yang beredar di masyarakat, dengan adanya kasus seperti ini maka timbulah berbagai persaingan di mayarakat. Dengan adanya Kompetitor seperti ini maka setiap perusahaan akan melakukan berbagai promosi untuk mendapatkan konsumen sebnyak-banyaknya.
Promosi seperti ini dapat menimbulkan berbagai pengaruh positif dan negatif. Pengaruh pisitif itu diantaranya adalah memacu peresaingan yang sehat antar perusahaan yang akan menimbulkan motivasi sehingga pasar di indionesia dapat bersaing di negara - negara maju lainnya, adanya devisa yang masuk ke negara di karenakan adanya aktivitas perdagangan, memberitahukan kepada khalayak ramai bahwa adanya suaru aktivitas yang dilakuan sebah perusahaan akan adanya suatu barang, meningkatkan pengetahuan konsumen akan suatu produk sehingga konsumen dapat memilih produk mana yang akan di gunakan, meningkatkan citra perusahaan dan masih banyak lagi dampak positif lainnya. Selain itu ada juga dampak negatifnya yaitu adanya persaingan yang tidak sehat antar perusahaan karena banyak perusahaan kompetitor yang ingin mendapatkan keuntungan secara cepat tanpa mai melakikan promosi terlebih dahulu misalnya dengan mensabotase rokok - rokok yang beredar di pasaran.
Promosi dapat dilakukan melalui berbagai cara misalnya melalui media cetak seperti : tv, radio, internet, website, dll. Media cetak seperti : koran, majalah, stiker, pamflet, flayer, baliho, spanduk dll. Tetap di zaman sekarang ini perusahaan lebih sering mengginakan promisi secara langsung dengan mengadakan pameran disertai SPG (Sales Promotion Girl0 untuk meningkatkan daya tarik konsumen.
Banyak lagi cara - cara yang dilakukan perusahaan untuk melakukan promosi ini hanya sebagian kecilnya saja. Promisi ini dilakukan karena di dunia banyak sekalo jenis rokok jadi perusahaan harus mengatur strategi bagaimana ia dapat memili suatu konsumen yang loyal atas suatu produk rokok mereka. Biasanya perusahaan rokok banyak melakikan event atau acara hiburan misalnya musik, olahraga, seminar dsb.
Promosi secara langsung atau direct selling lebih sering dilakukan karena perusahaan ingin memberikan product knowleadge kepada konsumen.

1 komentar: